3 Modal utama menjadi ahli desain grafis

3 Modal Utama Menjadi Ahli Desain Grafis

Salah satu cabang IT (Information Technology) yang memiliki banyak peminatnya adalah Desain Grafis. Ilmu desain grafis sudah mudah dipejari, baik memalui sekolah formal seperti SMK dan Perguruan Tinggi, banyak juga para Desainer Grafis yang belajar melalui Kursus/Les Privat ataupun secara otodidak melalui buku dan internet.

Permasalah pemula yang ingin belajar desain grafis adalah mereka tidak tahu mulai dari mana dan apa saja yang harus dikuasai untuk menjadi seorang ahli

Tim AllDesain sudah merangkum 3 Modal utama yang harus dikuasai/dipelajari untuk menjadi ahli desain grafis yaitu :

1. SKILL

Skill adalah penguasaan aplikasi dan kemampuan menggambar. Biasanya ini hal yang paling mudah dipejari karena sudah banyak tutorial dan mentor yang mengajarkannya. Kalau untuk desain grafis berarti harus menguasai software desain grafis seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator dll. 

Jadi Jika Ingin menjadi Ahli desain grafis, melajari dulu kemampuan menggambar dan ini butuh waktu dan ketekunan. Hasil yang bagus tidak didapat dengan waktu instan. 

 

 2. KREATIVITAS

Kreativitas adalah merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide kreativ dalam memecahkan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya. 

Dalam desain grafis, Kreatif adalah membuat suatu hasil desain menjadi menarik. Kemampuan ini sangat penting dikuasai. Sendainya kemampuan “SKILL” sudah dikuasai sepenuhnya, kita tetap tidak bisa menghasilnya karya yang bagus bahkan menakjubkan jika tidak memiliki kreativitas. Kreativitaslah yang membuat desain menjadi hidup dan menarik. Kreativitaslah yang membuat kita berhenti dan menatap lama pada hasil desain.

 

 3. TEORI

“Teori” adalah kemampuan menghubungkan desain dengan realita yang terjadi. Kemampuan ini harus dipelajari dengan banyak membaca, mendengar, dan melihat. Contohnya jika membuat desain sampu buku yang targetnya orang-orang tua yang telah berumur janganlah menggunakan warna yang terang atau mencolok karena akan mengganggu mata mereka.

Belajarlah tipografi. Tipografi adalah seni mengatur huruf atau tulisan.  Seorang desainer grafis harus tahu jenis huruf serif dan sans-serif, pengaturan kerning yang baik, ukuran huruf dsb. Karena setiap industri memiliki jenis font yang berbeda. dll semua itu adalah teori, bagaimana warna yang sesuai dengan terget desain yang mau dibuat, tata letak gambar, font dll, Bagaimana menggunakan ruang kosong dalam desain dll

 

Nah. itu adalah 3 Modal utama dalam menjadi ahli desain. Memang tidak mudah, bahkan perlu waktu. Tapi jika memiliki tekad yang kuat, mulailah dari yang kecil, mulai saat ini.. Salam..

Share to Your Friend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *